Standar Kompetensi
Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita.
Kompetensi Dasar
1. Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat.
2. Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat.
Indikator
1. Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan.
2. Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.
3. Mampu menuliskan isi berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat.
Mengenali Isi Berita
Definisi berita dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.
Selain itu, unsur-unsur yang terdapat dalam berita adalah sebagai berikut.
1. What (apa yang terjadi)?
2. When (kapan terjadinya)?
3. Where (di mana terjadinya)?
4. Why (mengapa terjadi)?
5. Who (siapa yang terlibat dalam peristiwa itu)?
6. How (Bagaimana terjadinya peristiwa itu?
Keenam pertanyaan di atas biasa disebut 5W+1H. Untuk memahami lebih mendalam tentang pokok berita, perhatikan contoh berikut ini.
Selama tujuh belas tahun, Noorsyaidah, guru di sebuah taman bermain di Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur, berkutat dengan penderitaan ekstraberat. Aneh tapi nyata. Kawat-kawat runcing secara rutin keluar dari perutnya. Dokter kebingungan menentukan jenis penyakitnya (Sumber: Suara Merdeka, Jumat, 11 Juli 2008)
Pokok berita tersebut adalah
1. What/apa : Seorang guru menderita penyakit aneh.
2. Where/di mana : Peristiwa itu terjadi di Sangatta Utara, Kutai Timur, Kalimantan Timur.
3. When/kapan : Peristiwa itu terjadi selama tujuh belas tahun.
4. Who/siapa : Peristiwa itu dialami oleh seorang guru taman bermain bernama Noorsyaidah.5. Why/mengapa : Penyebab penyakit aneh tersebut belum diketahui dokter.6. How/bagaimana : Kawat-kawat runcing keluar dari perut Noorsyaidah.Menyimpulkan isi berita ke dalam beberapa kalimatDi samping yang kamu tulis itu berupa isi berita, sebenarnya yang sudah kamu tulis itu berupa kesimpulan berita. Asalkan ketika kamu tulis ke dalam beberapa kalimat menjadi urutan pokok berita yang padu. Bukan sesuatu yang sukar, bukan? Pasti kamu bisa!Misalnya kamu menemukan pokok berita berikut ini.1. What/apa : Seorang pria melahirkan bayi perempuan.2. Where/di mana : Peristiwa itu terjadi di Bend, Oregon, AS.3. When/kapan : Peristiwa itu terjadi pada hari Jumat tanggal 4 Juli 2008.4. Who/siapa : Peristiwa itu dialami oleh Thomas Beatie.5. Why/mengapa : Beatie ternyata seorang pria transgender.6. How/bagaimana : Tidak dijelaskan ia bersalin secara normal atau operasi caesar.Pokok berita tersebut bisa disusun menjadi beberapa kalimat yang padu sebagai isi sekaligus kesimpulan sebuah berita. Hasilnya adalah berikut ini. Thomas Beatie, pria asal Amerika Serikat telah melahirkan anak pada hari Jumat, 4 Juli 2008. Thomas Beatie bisa melahirkan karena ia adalah seorang transgender. Hanya sayang tidak dijelaskan ia bersalin secara normal atau melalui operasi caesar.
Langkah Kegiatan
Mendengarkan teks berita (10 menit)
Kemampuan yang ingin dicapai:
1. Siswa mengetahui pokok-pokok isi berita
2. Siswa dapat membaca teks berita dengan baik sesuai lafal dan intonasinya
3. Siswa dapat memahami isi berita yang disajikan
A. Unsur-unsur berita
Apakah kalian pernah membaca atau mendengarkan berita di sekolah atau di tempat lain? Banyak hal yang dapat kita perhatikan pada teks berita, misalnya: adanya pokok-pokok isi berita dan menanggapi atau menyimpulkan isi berita yang didengarkan.
Berita televisi setiap hari tersaji (guru menyetel TV yang sedang menyajikan berita) dan berita radio pun mengudara (guru menyetel radio yang sedang menyiarkan berita). Tiap hari begitu banyak informasi yang disampaikan melalui berita. Sebagian orang menjadi pusing mendengarkan berita karena begitu banyak informasi yang harus dipahami.
Memahami berita sangat mudah asalkan kita tahu mengenai pola/unsur-unsur berita sebagai berikut:
1. What? apa yang diberitakan?
2. Where? di mana berita itu terjadi?
3. When? kapan berita tersebut terjadi?
4. Who? siapa yang diberitakan?
5. Why? mengapa kejadian itu terjadi?
6. How? bagaiman kejadiannya?
B. Mendengarkan teks berita (5 menit)
Guru memperdengarkan salah satu berita dari radio.Marilah perhatikan teks berita berikut.
Dengarkan berita berikut dengan seksama!
Contoh Teks Berita 1
Selamat siang,
Semakin sempitnya lahan mendorong beberapa ilmuwan di Jepang mencoba mencari solusinya. Mereka membuat teknonologi pertanian yang memungkinkan orang menanam padi di lantai bawah tanah gedung bertingkat. Teknologi pertanian itu dikembangkan oleh sebuah perusahaan pertanian bernama Pasona O2.Salah satu lahan pertanian yang mereka kelola adalah lantai bawah tanah Gedung Otemachi Namura yang terletak di tengah Kota Tokyo yang padat.
Sistem pertanian tersebut menggunakan media air. Peneranganya menggunakan lampu pijar khusus. Cahaya, air, dan kelembaban udaranya di atur oleh komputer. Pasona O2 telah menemukan solusi mengatasi sempitnya lahan pertanian.Selain itu,juga dimaksudkan sebagai bentuk kampanye pengenalan kembali profesi petani bagi warga Jepang.
Dikutip dari: Bahasa Indonesia BSE, Hal 62 ,April 2008 4
C. Berdiskusi Pokok-kokok Teks Berita yang Didengar (5 menit)
Setelah diperdengarkan cuplikan berita,guru meminta siswa untuk menentukan kalimat mana saja yang termasuk 5W + 1H menurut kemampuan masing-masing.
Pertanyaan
Jawaban
1. Apa yang diberitakan (what)?
2. Kapan kegiatan itu dilaksanakan (when)?
3. Di mana kegiatan itu dilaksanakan where?
4. Siapa penyelenggara kegiatan who?
5. Mengapa kegiatan itu dilaksanakan why?
1. ..................................
2. ..................................
3. ..................................
4. ..................................
5. ..................................
6. Bagaimana hasilnya how?
7. ..................................
D. Menyusun Isi-isi pokok Berita (5 menit)
Sebuah berita tentu memiliki pokok berita.Pokok berita tersebut akan dijabarkan atau dirinci ke dalam paragraf-paragraf.Rincian tersebut berfungsi untuk menjelaskan pokok berita
Cobalah temukan rincian-rincian isi berita yang telah didengar tadi kemudian dijabarkan ke seluruh paragraf pada kolom di bawah ini?
PENILAIAN
1. Bagian pembuka
a. Pemirsa
b. ................................................
2. Bagian isi berita
a. Semakin sempitnya lahan pertanian di Jepang
b. Sistem pertanian menggunakan media air
3. Bagian penutup
a. Sekian dan terima kasih
b. ................................................
E. Bermain pesan berantai (10 menit)
(Guru mengajak siswa berdiri secara perkelompok (2 atau 3 orang) untuk bermain menyampaikan pesan berantai)
Guru siswa ke 1 siswa ke 2 siswa ke 3 menyampaikan berita yang di terima dari siswa ke 2.
Permainan berikutnya sumber berita dari siswa langsung
Siswa ke 1 siswa ke 2 siswa ke 3 siswa ke 4
Siswa keempat menyampaikan pesan yang diterima dari siswa ke 3, kemudian siswa ke 1 menanggapi kebenaran pesan
F. Menyimpulkan berita yang di dengarkan (5 menit)
Setelah kalian menuliskan isi-isi berita cobalah simpulkan berita yang telah kamu dengar tadi menggunakan bahasa sendiri
Semakin sempit lahan pertanian di Jepang. Ilmuwan Jepang menemukan solusinya yaitu dengan menggunakan Sistem pertaniannya menggunakan media air, penerangan menggunakan lampu pijar, semuanya kelembaban udara diatur oleh komputer.
G. Menulis berita (10 menit)
Setelah kalian mengerti 5W + 1H , isi-isi pokok berita , tulislah berita yang kalian dapatkan hasil wawancara dengan nara sumber menurut bahasa kamu sendiri! (nara sumber bebas disesuaikan dengan kebutuhan)
1 komentar:
Terimakasih, postingannya sangat membantu.
Saya besok masuk ngajar sebagai guru pengganti di salah satu SMA. jadi harus prepare bahan ajar, dan artikel ini sangat membantu.
sekali terimakasih :)
Posting Komentar