RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA .......................................
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Materi Pokok : Siaran Berita
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2x 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI
· Mendengarkan : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
KOMPETENSI DASAR
· Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
MATERI PEMBELAJARAN
· Siaran (langsung) dari radio/ televisi, teks yang dibacakan, atau rekaman berita/ nonberita
o Teks berita
o pokok-pokok isi berita
o unsur-unsur berita
o tanggapan isi berita
INDIKATOR
Menuliskan isi siaran radio/ televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas
Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
TUJUAN PEMBELAJARAN
· Menuliskan isi siaran radio/ televisi dengan topik tertentu dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
· Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
· Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat).
· Menanggapi berita dengan menggunakan alasan dan bahasa yang rasional dan logis.
METODE PEMBELAJARAN
§ Penugasan
§ Diskusi
§ Tanya Jawab
§ Unjuk kerja
§ Ceramah
§ Demonstrasi
Model Pembelajaran
DEBATE
Langkah-langkah :
· Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra
· Guru memberikan tugas untuk membaca materiyang akan didebatkan oleh kedua kelompok di atas.
· Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
· Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
· Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
· Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal :
§ Guru menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.
§ Membentuk kelompok diskusi
Kegiatan Inti :
· Mendengarkan beberapa cuplikan berita dari rekaman yang disediakan guru tentang bencana alam ( Misal: semburan lumpur panas Lampindo-Porong-Sidoharjo, pascagempa dan tsunami Aceh).
· Menuliskan isi berita dalam beberapa kalimat yang runtut dan mudah dipahami pada potongan kertas.
· Siswa memasangkan potongan berita yang telah ditulisnya sesuai dengan isinya.
· Menyampaikan secara lisan isi berita yang ditulisnya secara bergantian di depan kelas.
· Siswa menanggapi isi informasi yang ditulis kelompok lain dan disesuaikan dengan rekaman yang telah disimaknya.
· Siswa memberi pertanyaan/tanggapan berdasarkan informasi yang didengarnya (menyetujui, menolak, atau menambahkan pendapat).
· Siswa diajak membahas hasil kerja dan menyimpulkan ciri-ciri isi berita dan urutan isi beritanya.
Kegiatan Akhir :
§ Refleksi
§ Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
radio/ tape
televisi
CD salinan berita atau kaset rekaman
PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ tugas individu
§ ulangan
Bentuk Instrumen:
§ uraian bebas
§ jawaban singkat
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Coba jelaskan definis berita menurut anda !
2. Jelaskan hal apa saja yang harus kita perhatikan ketika kita mendengarkan berita !
3. Bagaimana pendapat anda tentang bencana Lumpu Lapindo ?
4. Beri tanggapan terhadap pernyataan dari Anggota Komisi VII yang membidangi masalah energi dari Fraksi PAN
Kunci Jawaban
- Berita adalah Data yang diolah kedalam informasi dari kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, mahasiswa, pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan dll, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.
- Hal yang harus diperhatikan ketika kita mendengarkan sebuah berita
- Kebenaran berita
- Sumber Berita
- Kelengkapan berita
- Unsur-unsur dalam berita
o Aktualitas
o Kedekatan
o Hal baru
o Dampak
o Konflik
o Ketegangan
o kemanusiawian
- Kebijakan guru.
- Kebijakan guru
RUBLIK PENILAIAN ISI BERITA
Aspek | Deskriptor | Skor | Skor maksimum |
Kelengkapan isi | · Isi berita lengkap (terdapat 5 W 1 H) · Isi berita mendekati lengkap (ada atau lebih unsur berita) · Isi berita tidak lengkap (kurang dari 4 unsur berita) | 2 1 0 | 2 |
Kesesuaian isi | · Semua tulis sesuai dengan data · Sebagian kecil data tidak sesuai dengan tulisan · Sebagian besar data tidak sesuai dengan tulisan · Semua data tidak sesuai data dengan tulisan | 3 2 1 0 | 3 |
Sistematika | · Urut-urutan sesuai · Urut-urutan tidak sesuai | 1 0 | 2 |
Penggunaan ejaan dan tanda baca | · Tidak ada kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca · Terdapat sedikit kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca · Sebagian besar penulisan ejaan Terdapat sedikit kesalahan dan tanda baca · Penggunaan ejaan dan tanda baca salah semua | 3 2 1 0 | 3 |
· Jumlah Skor Maksimum | | 10 |
Skor Maksimal:
No. 1) = 2
No. 2) = 3
No. 3) = 2
No. 4) = 3
Jumlah = 10
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:
Perolehan Skor
Nilai akhir = ----------------------- x Skor ideal (100) = ….
Skor maksimum (10)
................................................. 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Bidang Studi
.......................................... ............................................
NIP................................... NIP.....................................
0 komentar:
Posting Komentar