RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : X
SEMESTER : 1
A. STANDAR KOMPETENSI :
Berbicara : 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
B. KOMPETENSI DASAR :
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Teks berita, artikel, buku yang berisi informasi aktual (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam)
- penentuan masalah dalam berita
- daftar kata sulit dan maknanya
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa | Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif |
1 | Mencatat masalah dari berbagai sumber | · Bersahabat/ komunikatif · Tanggung jawab | · Kepemimpinan |
2 | Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku | ||
3 | Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan | ||
4 | Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan | ||
5 | membahas maknanya |
E. TUJUAN PEMBELAJARAN* :
Siswa dapat :
1) Mencatat masalah dari berbagai sumber
2) Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku
3) Mengajukan saran dan pemecahan terhadap masalah yang disampaikan
4) Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan
5) membahas maknanya
F. METODE PEMBELAJARAN :
· Penugasan
· Diskusi
· Tanya Jawab
· Ceramah
· Demonstrasi
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati Teks berita, artikel, buku yang berisi informasi aktual. · Menuliskan kata sulit dalam teks bacaan | · Mencari dan mengumpulkan data (misalnya, AIDS/HIV, SARS, bencana alam) · Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan | · Siswa dapat Mencatat masalah dari berbagai sumber. · Siswa dapat membahas maknanya. |
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No. | Kegiatan Belajar | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Kegiatan Awal : - Guru menjelaskan Tujuan Pembelajaran hari ini. - Guru mendeskripsikan berbagai pengalaman. | Bersahabat/ komunikatif |
2. | Kegiatan Inti : & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Secara bergiliran siswa mencari artikel, atau buku yang berhubungan dengan lingkungan daerah masing-masing (misalnya, Folio, SARS, atau bencana alam yang terkait dengan daerah setempat)* F Membaca berita, artikel atau buku. F Mengidentifikasi masalah dalam artikel & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Mendiskusikan masalah F Melaporkan hasil diskusi & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | Tanggung jawab |
3. | Kegiatan Akhir : - Refleksi - Guru menyimpulkan pembelajaran hari ini. | Bersahabat/ komunikatif |
I. ALOKASI WAKTU :
4 x 40 menit
J. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN :
· Buku cerita lucu/ kaset cerita
· Pengalaman langsung
· Buku pendamping : Syamsuddin A.R. Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia Kelas X. Surakarta: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. 2006.
K. PENILAIAN :
Jenis Tagihan:
§ Tugas individu
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Uraian bebas
§ Pilihan ganda
§ Jawaban singkat
Mengetahui, Kepala Sekolah | | Juli 2011 Guru Mapel Bahasa Indonesia |
0 komentar:
Posting Komentar