PROGRAM TAHUNAN ( PROTA )
BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia.
Kelas / Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar / Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | Ket | ||
Mendengarkan 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung | 1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita) | Menuliskan isi siaran radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami. Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat) | ||
1.2 Mengidentifika-si unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/ melalui rekaman | Menyampaikan unsurunsur intrinsik ( tema, penokohan, konflik, amanat, dll.) Menyampaikan unsur- unsur ekstrinsik (nilai moral,kebudayaan, agama, dll.) Menanggapi (setuju atau tidak setuju) unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan teman | |||
Berbicara 2. Mengungka-pkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita | 2.1 Memperkenal-kan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat | Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton Menggunakan diksi (pilihan kata) yang tepat Menanggapi kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang pas | ||
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku) | Mencatat masalah dari berbagai sumber Menanggapi masalah dalam berita, artikel, dan buku Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap masalah yang disampaikan Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya | |||
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat | Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat Menanggapi pengalaman pribadi yang disampaikan teman | |||
Membaca 3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca | 3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit) | Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit Menemukan ide pokok paragraf dalam teks Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut | ||
3.2 Mengidentifika-si ide pokok teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif | Mengidentifikasi ide pokok tiap paragraf Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat Mengidentifikasi fakta dan pendapat | |||
Menulis 4. Mengungkapk-an informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif) | 4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif | Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf naratif Menyusun kerangka paragraf naratif berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa Mengembangkan kerangka yang telah dibuat menjadi paragraf naratif Menyunting paragraf naratif yang ditulis teman berdasarkan kronologi, waktu, peristiwa, dan EYD Menggunakan kata ulang dalam paragraf naratif | ||
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif | Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan Menyusun kerangka paragraf deskriptif Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf deskriptif Menggunakan frase ajektif dalam paragraf deskriptif Menyunting paragraph deskriptif yang ditulis teman | |||
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif | Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf ekspositif Menyusun kerangka paragraf ekspositif Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf ekspositif Mengidentifikasi kata berimbuhan dalam paragraph ekspositif Menyunting paragraph ekspositif yang ditulis teman | |||
Mendengarkan 5. Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/ tidak langsung. | 5.1 Mengidentifik-asi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | Mengidentifikasi (majas,rima, kata-kata berkonotasi dan bermakna lambang) Menanggapi unsur-unsur puisi yang ditemukan | ||
5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman | Menyebutkan tema puisi yang didengar Menyebutkan jenis puisi yang didengar (balada,elegi, roman, ode, himne,satire, dll.) Menjelaskan maksud puisi Mengungkapkan isi puisi dengan kata-kata sendiri | |||
Berbicara 6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi. | 6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca dengan kata-kata sendiri Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar ,amanat) cerita pendek yang dibaca. | ||
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi | Menemukan nilai-nilai dalam cerpen Membandingkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita pendek dengan kehidupan sehari-hari Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen | |||
Membaca 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen. | 7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat | Membaca puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi Membahas pembacaan puisi berdasarkan lafal, tekanan, dan intonasi Memperbaiki pembacaan puisi yang kurang tepat | ||
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari | Mengidentifikasi unsurunsur (tema, penokohan, dan amanat) cerita pendek yang telah dibaca Mengaitkan unsur intrinsic (tema, penokohan, dan amanat) dengan kehidupan sehari-hari | |||
Menulis 8. Mengungk-apkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi. | 8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Mengidentifikasi puisi lama (pantun, syair) berdasarkan bait, irama, dan rima Membedakan bentuk pantun dan syair Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama, dan rima Menyunting puisi lama (pantun/syair) yang dibuat teman | ||
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima | Mengidentifikasi puisi baru berdasarkan bait, irama, dan rima Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima Menyunting puisi baru yang dibuat teman |
Mengetahui, Kepala SMA …………………… (_________________________) NIP/NIK : .................................... | ………………,…………………20… Guru mapel Bahasa Indonesia (_________________________) NIP/NIK : .................................... |
0 komentar:
Posting Komentar